Sunday, November 8, 2015

Update Kehamilan - 25 minggu

Ini post ke-dua di masa kehamilan :D
Saya cuma mau catat semua apa yang terjadi di perjalanan kehamilan saya sampai sejauh ini, agar kelak, catatan ini bisa saya kenang di kemudian hari sambil senyum-senyum sendiri :)

Trimester Pertama ? Jawabannya SUPER! Total saya 2x masuk RS untuk di rawat dan 2x rawat jalan tapi di infus sama suster. Yup! Saya mengalami juga tuh yang namanya Hyperemesis Gravidarum.. ditambah saya punya riwayat maag lumayan parah. Hari-hari saya dilalui sama mual yang (saya rasakan) tidak wajar, muntah, tidak bisa makan dan minum. Saya mau bikin list ah, hihi supaya besok bisa inget masa-masa sulit ini:
  1. Tidak bisa ke dapur (parno lihat dapur), tidak bisa cium bau nasi hangat yang wanginya manis itu (hueeek), tidak tahan dengar orang nyalain kompor (bunyi "CTEK" nya kompor aja sudah berhasil bikin saya merinding dan mual, hihihi). Karena tidak bisa ke dapur, otomatis saya tidak bisa masak buat diri sendiri & suami (T_T) Sedih deh. 
  2. ANTI bawang putih-merah-bombang-daun-goreng. Pokoknya NOOOOO!!!!
  3. Tidak bisa makan yang berkuah karena bau kuah nya membuat saya mual
  4. Tidak mau makan goreng-gorengan & banyak minyak
  5. Tidak mau minum susu hamil, hanya mau susu UHT rasa Strawberry & Melon (sampai usia kandungan 5 bulan). Selebihnya saya minum susu hamil tapi tidak bisa minum Prenagen (cuma bisa minum Anmum) 
  6. Makanan yang bisa ke-makan, so far: singkong rebus, kentang rebus, jagung rebus, pepaya, pisang, melon, mangga, telor rebus, martabak keju :p. Itu ajaaa sampe usia kandungan mau 5 bulan (T_T) *Sehat-sehat ya nak... Maafin ibu*
  7. Tidak bisa ada di kerumunan banyak orang (contoh: di mall). Rasanya pusing, pengap, lemas. Walhasil, saya tidak pernah ke mall. Padahal saya butuh baju,celana dan peralatan hamil lainnya... Tapi karena tidak bisa kemana-mana, saya selalu titip ke ibu dan ibu mertua. Makasi ya ibuuu *peluk satu-satu*
  8. Malas masuk ke dalam mobil. Lama-lama saya jadi kaya penderita Claustrophobia (takut dengan ruangan sempit & tertutup)
  9. Malas (banget) masuk ke dalam kamar mandi dan juga mandi. Karena rasanya tertutup dan pengap. Serta bau air. Whatt?? Bau air? Apaan tuh bau air? Hahahak, entahlah, saya juga ga ngerti lagi sama diri saya. Semua hal menjadi BAU.
  10. Awal kehamilan, saya tidak mau dekat-dekat suami. Hiahaha. Ini part paling ngeselin banget sih ya. Wajib sungkem minta maaf kayaknya habis ini sama suami. Padahal tidak ada yang salah dengan dirinya.... Tidak pernah ada riwayat (maaf) BB juga. Wanginya selama ini normal-normal saja lah pokonya... Ntahlah, rasanya dia terlalu "wangi" lelaki (wangi parfum/gel rambut/bau sabun mandi/bau pasta gigi), even dia sudah mandi juga saya rasanya tidak mau dekat-dekat dengannya... Untungnya suami baik-baik aja dan cuma merespon dengan ketawa.... Alhamdulillah ini hanya berlangsung sebentar... Gak lama, indera penciuman saya mulai toleransi kok... Hahaha
  11. Dada-nya terasa panas (heartburn), asam lambung sangat cepat naik (salah makan/telat makan sedikit bisa fatal karena jadi muntah2 gak karuan)
  12. Jangan ditanya, seberapa sering saya "bolos" ke kantor. Alhamdulillah sekali saya punya pimpinan & teman2 kerja yang pengertian. Mereka selalu support saya di masa-masa sulit dan tidak pernah protes saya banyak "bolos"nya Hehehe
  13. Kata suami saya, pengeluaran untuk biaya "cuci mata di mall" semenjak saya hamil berkurang drastis. Hahaha. Lumayan donk yaaa. Ada hikmahnya
Sekarang alhamdulillah sudah mau 26minggu, so far penderitaan di atas sudah jauuh berkurang. Sudah sangat jarang muntah, sudah bisa makan nasi-sayur-lauk, tapi masih sering merasakan mual-heartburn-pinggang sakit-badan ngilu2 sekujur tubuh. Tapi, dibalik itu semua, saya sangat bahagia atas karunia Allah SWT ini. 

Sebelum hamil, berat badan saya sekitar 54kg, trimester pertama berat badan saya sempat turun beberapa kilo karena kesulitan makan. Alhamdulillah sekarang di usia 25minggu berat badan saya sudah 59,5kg.. Berat badan janin juga insya Allah sekitar 600gram. Doakan saya bisa selalu menjaga amanahNya selalu dengan sebaik2nya yaaa :)

Sehat selalu yaaa, anak ibu di dalam perut...... See you on your due date!


I think I've found my best friend
I know that it might sound more than a little crazy but I believe
I knew I loved you before I met you
I think I dreamed you into life
I have been waiting all my life :)
-Savage Garden-

No comments:

Post a Comment